Recent Posts

30 August 2008

Medical Check Up

Tadi pagi saya melakukan medical check up kehamilan di Lab Pramita Utama Mampang sesuai permintaan dr. Isnaeni, dokter kandungan saya. Ini untuk melihat kondisi saya, diantaranya:
  1. Kadar Glukosa

Ini adalah batas normal kadar glukosa:
Pada saat : Puasa (nuchter) : 80 - 110 mg/dl

Setelah makan : 110 - 160 gr/dl

  1. Hematologi lengkap, meliputi:

MCV (mean corpuscular volume/volume sel darah merah)
MCV menurun apabila kekurangan zat besi semakin parah, dan pada saat anemia mulai berkembang. Merupakan indikator kekurangan zat besi spesifik setelah thalasemia dan anemia penyakit kronis disingkirkan. Dihitung dengan membagi hematokrit dengan jumlah sel darah merah.
MCV dalam batas normal (80-100 fl)

MCH (mean corpuscular hemoglobin/berat hemoglobin rata-rata dalam 1 eritrosit)
MCH sering tersedia bersama dengan MCV dan keduanya menunjukkan korelasi yang erat. Dihitung dengan membagi hemoglobin dengan jumlah sel darah merah. Hipokrom bila MCH kurang dari 27 pg

MCHC (meancorpuscular hemoglobin consentration/konsentrasi hemoglobin eritrosit rata-rata)
MCHC berguna untuk menunjukkan adanya hipokrom tetapi jarang abnormal, bila MCV dan MCH menunjukkan angka normal. MCHC menurun bila penurunan zat besi lebih lama dan lebih berat dan lebih sering dihubungkan dengan anemia defisiensi besi. Dihitung dengan membagi hemoglobin dan hematokrit.
MCHC dalam batas normal/normokrom (MCHC 32-36 gr/l)


  1. HbsAg (Hepatitis B surface-Antigen)

HBsAg adalah salah satu pemeriksaan yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya virus hepatitis B di dalam darah

  1. Test urine lengkap.


Semoga saja hasilnya dalam batas normal semua, tidak ada yang kurang atau lebih ya Allah amien ya robbal allamien.. Tadi malem saya diharuskan puasa kurang lebih 10 jam sebelum diambil darahnya, lumayanlah itung-itung buat latihan persiapan menyambut Ramadhan Pernah dulu nyoba puasa pas awal-awal kehamilan alhamdulillah kuat, semoga nanti dedde' bisa diajak puasa Ramadhan full amienn...

Sepertinya Ramadhan kali ini musim hujan yang akan menemani. Buktinya sudah beberapa hari ini hujan, lumayan deres juga. Well, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan ya semua, semoga kita semua mendapatkan berkah di bulan yang penuh berkah ini amien ya robbal allamien... Yuk, kita berlomba-lomba mengisi bulan Ramadhan ini dengan ibadah.. Semangat..!!


28 August 2008

Weekend = Touring Panjang

Seperti weekend-weekend biasanya, kami selalu mengisinya dengan touring panjang hehehe.. Gimana nggak touring panjang, lha berangkat pagi malamnya baru pulang. Itu juga yang kami lakukan hari Minggu kemarin. Saya sih mau-mau saja, karena bagi saya hari Minggu serasa hari Sabtu kan hari Seninnya masih libur Alhamdulillah, senang sekali saya dapat jadwal yang hari Seninnya libur, selain bisa istirahat di rumah bisa menghindari macet juga karena hari itu puncak-puncaknya macet.

Minggu kemarin rute acara kami adalah Masjid Istiqlal - Kwitang - Ps. Jatinegara - Kuningan - Senayan (yang terakhir saya gak ikut). Pagi-pagi saya udah ngerengek minta berangkat sebelum jam 7 karena acaranya tertulis jam 7-12. M.jry nya gak mau, kepagian katanya, beliau bilang kalau acaranya itu jam 9-11.30. Saya dengan semangat 45 masih keukeuh pengen berangkat pagi sesuai jadwal Akhirnya tak suruh telpon mas Arif aja untuk mastiin jadwalnya, dan ternyata benar acaranya baru dimulai jam 9 agree6 Jadi deh kita leyeh-leyeh dulu. Bersih-bersih rumah bentar sambil nyiram tanaman di halaman depan, mandi, sarapan roti, dan baru berangkat dari rumah jam 9 (kebiasaan molor yang susah dihilangkan) Hari itu sengaja gak masak memang lha memang direncanakan touring seharian.

Sekitar jam 9.30 kita udah nyampe di Istiqlal, udah ramee.. Waktu itu Habib Hasan bin Ja'far Assegaf yang ngisi. Saya gak bisa denger dengan jelas, mungkin karena beliau ini semangat sekali ya dan jarak antara mike dan mulut terlalu dekat. Selanjutnya diisi Aa' Gym, wahh..lama sekali saya gak denger tausiyahnya beliau. Tapi..saya gak bisa denger full, keburu ke kamar mandi dan antrinya panjaaaannggg sekali Pas kembali la kok sudah Arifin Ilham. Alhamdulillah..senang sekali rasanya, karena sudah lama sekali gak mendengar tausiyah beliau yang menyentuh hati

Acara ini selesai jam 11.30, acara kami dilanjut ke Kwitang tepatnya ke toko buku Wali Songo sekalian sholat disana. Kami kesana dalam rangka cari terjemahan Al-Quran buat ditaruh di mushola kantornya m.jry. Trus perjalanan kita masih dilanjut, kali ini kami ke Pasar Jatinegara
rencananya mau cari baju buat saya malu karena rok di rumah udah nggak muat semua kasian si dedde' kalo ibunya pake baju kekecilan. Sekalian cari kado buat anaknya mas Parlan yang tanggal 18 Agustus kemarin lahir. Seneng sekali di toko baby Purnama ini, keliatannya kecil sih tokonya tapi lengkap, bajunya lucu-lucu, sambil ngebayangin dedde' nanti pake baju apa ya? hehehhe... Tak lupa saya minta checklist perlengkapan baju bayi ke mbaknya walaupun sudah punya checklist sendiri. takut kalau ada yang kelewat. Sayangnya saya malah gak dapet baju terusan yang saya pingini. Ya wes lah, next weekend aja cari lagi

Next tujuan kita adalah Kuningan, mau nengok bayi sekalian servis Grand Cinta kami love28 Sampe disana ternyata dede'nya mas Parlan masih di Bekasi, yahhhh gak jadi liat dede' bayi donk. Akhirnya cuma bisa servis aja sampe sekitar jam 5an. Kami cepet-cepet pulang nguber maghrib di rumah kan m.jry juga masih ada acara di Senayan. Tapi perjalanan kita nggak mulus, pas nyampe di Ragunan kami kehabisan bensin hehehe.. Jadi deh kita jalan lewat taman anggrek sampe deket rumah, Alhamdulillah babe yang jualan bensin masih buka Nyampe rumah, sholat, leyeh-leyeh sebentar (*teteuuuppp), saya tetep leyeh-leyeh waktunya istirahat, kalau m.jry udah persiapan mau berangkat ke Senayan. Suamiku ini bener-bener gak ada capeknya agree5 sama kayak Ibu, Ibunya BuLang(IBu PetuaLang) anaknya BoLang (Bocah PetuaLang) hehehe...

Ya..itulah weekend kami berempat (lho..?! kok berempat??) Iya, saya, m.jry, dedde' yang masih di perut, dan Grand Cinta kami yang selalu setia menemani. Next weekend touring panjang kemana lagi ya..??

07 August 2008

Upaya Penyelamatan Gizi Pada Susu

Alhamdulillah join milis sehat benar-benar membuat mata saya melek kaget akan kesehatan. Betapa tidak, banyak sekali informasi yang ada di otak kita yang ternyata salah kaprah. Misalnya ketika sakit cepet minum obat, dan faktanya tidak semua sakit diobati dengan obat. Batuk, pilek, demam misalnya, ini adalah salah satu common problem yang sering menimpa kita. Obatnya apa?? Yang jelas bukan obat-obatan apalagi antibiotik, obatnya adalah selalu menjaga asupan gizi kita, banyak minum, dan istirahat yang cukup. Penggunaan antibiotik juga tidak boleh sembarangan, harus ada indikasi infeksi, kalau cuma untuk mencegah ngapain minum antibiotik Lanjut masalah susu juga, jangan mudah kemakan iklan ya ibu-ibu.. yang penting fresh milk tanpa tambahan apapun. Oh iya, saya ini bumil pengkonsumsi susu UHT Plain lho.. Ini ada artikel bagus mengenai susu, semoga bermanfaat ya..

Wanna be a Smart Parents? Join milis sehat! mukajail

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Susu merupakan sumber gizi terbaik bagi mamalia yang baru dilahirkan. Susu disebut sebagai makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizinya yang lengkap. Selain air, susu mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, enzim-enzim, gas serta vitamin A, C dan D dalam jumlah memadai. Manfaat susu merupakan hasil dari interaksi molekul-molukel yang terkandung di dalamnya. Susu segar merupakan cairan yang berasal dari ambing sapi sehat dan bersih yang diperoleh dengan cara pemerahan yang benar yang kandungan alaminya tidak dikurangi atau ditambah sesuatu apapun dan belum mendapat perlakuan apapun (SNI 01-3141-1998). Dalam prakteknya sangat kecil peluang kita untuk mengonsumsi susu segar definisi SNI tersebut di atas. Umumnya susu yang dikonsumsi masyarakat adalah susu olahan baik dalam bentuk cair (susu pasteurisasi, susu UHT) maupun susu bubuk.

Susu pasteurisasi merupakan susu yang diberi perlakuan panas sekitar 63-72 derjat Celcius selama 15 detik yang bertujuan untuk membunuh bakteri patogen. Susu pasteurisasi harus disimpan pada suhu rendah (5-6 derjat Celcius) dan memiliki umur simpan hanya sekitar 14 hari. Susu bubuk berasal susu segar baik dengan atau tanpa rekombinasi dengan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan. Umumnya pengeringan dilakukan dengan menggunakan spray dryer atau roller drayer. Umur simpan susu bubuk maksimal adalah 2 tahun dengan penanganan yang baik dan benar. Susu bubuk dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu susu bubuk berlemak (full cream milk prowder), susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder) dan susu bubuk tanpa lemak (skim milk prowder) (SNI 01-2970-1999).

Susu UHT (ultra high temperature) merupakan susu yang diolah menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang singkat (135-145 derjat Celcius) selama 2-5 detik (Amanatidis, 2002). Pemanasan dengan suhu tinggi bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme (baik pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segarnya.

Proses Susu UHT
Susu cair segar UHT dibuat dari susu cair segar yang diolah menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang sangat singkat untuk membunuh seluruh mikroba, sehingga memiliki mutu yang sangat baik. Secara kesuluruhan faktor utama penentu mutu susu UHT adalah bahan baku, proses pengolahan dan pengemasannya. Bahan baku susu UHT cair segar adalah susu segar yang memiliki mutu tinggi terutama dalam komposisi gizi. Hal ini didukung oleh perlakuan pra panen hingga pasca panen yang terintegrasi. Pakan sapi harus diatur agar bermutu baik dan mengandung zat-zat gizi yang memadai, bebas dari antibiotika dan bahan-bahan toksis lainnya. Dengan demikian, sapi perah akan menghasilkan susu dengan komposisi gizi yang baik. Mutu susu segar juga harus didukung oleh cara pemerahan yang benar termasuk di dalamnya adalah pencegahan kontaminasi fisik dan mikrobiologis dengan sanitasi alat pemerah dan sanitasi pekerja. Susu segar yang baru diperah harus diberli perlakuan dingin termasuk transportasi susu menuju pabrik. Pengolahan di pabrik untuk mengkonversi susu segar menjadi susu UHT juga harus dilakukan dengan sanitasi yang maksimum yaitu dengan menggunakan alat-alat yang steril dan meminimumkan kontak dengan tangan. Seluruh proses dilakukan secara aseptik.

Susu UHT dikemas secara higienis dengan menggunakan kemasan aseptik multilapis berteknologi canggih, Kemasan multilapis ini kedap udara sehingga bakteri pun tak dapat masuk ke dalamnya. Karena bebas bakteri perusak minuman, maka susu UHT pun tetap segar dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu kemasan multilapis susu UHT ini juga kedap cahaya sehingga cahaya ultra violet tak akan mampu menembusnya dengan terlindungnya dari sinar ultra violet maka kesegaran susu UHT pun akan tetap terjaga. Setiap kemasan aseptik multilapis susu UHT disterilisasi satu per satu secara otomatis sebelum diisi dengan susu. Proses tersebut secara otomatis dilakukan hampir tanpa adanya campur tangan manusia sehingga menjamin produk yang sangat higienis dan memenuhi standar kesehatan internasional. Dengan demikian teknologi UHT dan kemasan aseptik multilapis menjamin susu UHT bebas bakteri dan tahan lama tidak membutuhkan bahan pengawet dan tak perlu disimpan di lemari pendingin hingga 10 bulan setelah diproduksi.

Keunggulan Susu UHT
Kelebihan-kelebihan susu UHT adalah simpannya yang sangat panjang pada susuh kamar yaitu mencapai 6-10 bulan tanpa bahan pengawet dan tidak perlu dimasukkan ke lemari pendingin. Jangka waktu ini lebih lama dari umur simpan produk susu cair lainnya seperti susu pasteurisasi. Selain itu susu UHT merupakan susu yang sangat higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada. Kontak panas yang sangat singkat pada proses UHT menyebabkan mutu sensori (warna, aroma dan rasa khas susu segar) dan mutu zat gizi, relatif tidak berubah.

Proses pengolahan susu cair dengan teknik sterilisasi atau pengolahan menjadi susu bubuk sangat berpengaruh terhadap mutu sensoris dan mutu gizinya terutama vitamin dan protein.


Pengolahan susu cair segar menjadi susu UHT sangat sedikit pengaruhnya terhadap kerusakan protein.


Di lain pihak kerusakan protein sebesar 30 persen terjadi pada pengolahan susu cair menjadi susu bubuk. Kerusakan protein pada pengolahan susu dapat berupa terbentuknya pigmen coklat (melanoidin) akibat reaksi Mallard. Reaksi Mallard adalah reaksi pencoklatan non enzimatik yang terjadi antara gula dan protein susu akibat proses pemanasan yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama seperti pada proses pembuatan susu bubuk. Reaksi pencoklatan tersebut menyebabkan menurunnya daya cerna protein. Proses pemanasan susu dengan suhu tinggi dalam waktu yang cukup lama juga dapat menyebabkan terjadinya rasemisasi asam-asam amino yaitu perubahan konfigurasi asam amino dari bentuk L ke bentuk D. Tubuh manusia umumnya hanya dapat menggunakan asam amino dalam bentuk L. Dengan demikian proses rasemisasi sangat merugikan dari sudut pandang ketersediaan biologis asam-asam amino di dalam tubuh. Reaksi pencoklatan (Mallard) dan rasemisasi asam amino telah berdampak kepada menurunnya ketersedian lisin pada produk-produk olahan susu. Penurunan ketersediaan lisin pada susu UHT relatif kecil yaitu hanya mencapai 0-2 persen. Pada susu bubuk penurunannya dapat mencapai 5-10 persen.

Tips Penggunaan Susu UHT
Apabila kemasan susu UHT telah dibuka, maka susu tersebut harus disimpan pada refrigerator. Susu UHT harus dihindarkan dari penyimpanan pada suhu tinggi (di atas 50 derjat Celcius) karena dapat terjadi gelasi yaitu pembentukan gel akibat kerusakan protein.
Kerusakan susu UHT sangat mudah dideteksi secara visual, ciri utama yang umum terjadi adalah kemasan menggembung. Gembungnya kemasan terjadi akibat kebocoran kemasan yang memungkinkan mikroba-mikroba penbusuk tumbuh dan memfermentasi susu. Fermentasi susu oleh mikroba pembusuk menghasilkan gas CO2 yang menyebabkan gembung. Kerusakan juga ditandai oleh timbulnya bau dan rasa yang masam. Selain menghasilkan gas, aktivitas fermentasi oleh mikroba pembusuk juga menghasilkan alkohol dan asam-asam organik yang menyebabkan susu menjadi berflavor dan beraroma masam. Hindari mengkonsumsi susu UHT yang telah mengental. Fermentasi susu oleh bakteri pembusuk juga pembusuk juga menyebabkan koagulasi dan pemecahan protein akibat penurunan pH oleh asam-asam organik. Koagulasi dan pemecahan protein inilah yang menyebabkan tekstur susu rusak yaitu menjadi pecah dan agak kental. (sh)

05 August 2008

HR Consulting, bisnis yang menjanjikan

Sekali-kali posting tentang bisnis boleh kan? sekalian prepare ketika sudah tidak bekerja nanti. Kenapa saya menyebut HR Consulting sebagai bisnis yang menjanjikan? Ya karena untung yang didapat sangat banyak, dengan modal yang gak terlalu banyak dan dalam waktu yang lumayan singkat. Gimana?? Tertarik?? mukajail

Begini, akan saya beri ilustrasi sedikit berdasarkan pengalaman saya dulu ya.. Misal 1 client lagi butuh Store Manager buat perusahaan barunya, ambil saja targetnya adalah toko buku ternama G**m**ia. Client bayar biaya administrasi sesuai perjanjian biar kita bisa jalan, mulailah membajak para store manager dari perusahaan ternama itu. Saat itu cukup satu bulan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan nama dan calon kandidat yang berminat dari semua store manager dan wakilnya seluruh DKI Jakarta. Hebat kan?? Kuncinya hanya satu waktu meng'approach' orang agar mereka tertarik yaitu HARUS PERCAYA DIRI DAN TINGGIKAN NILAI DARI CLIENT KITA

Bosku adalah seorang Senior Consulting Manager lulusan S2 Australia, wajar lah kalau beliau yang ngomong, pasti kebanyakan orang percaya dengan omongannya. Lha aku?? Aku hanya seorang anak teknik lulusan STM, gak pinter dalam hal Psikologi apalagi Komunikasi Sempet takut juga dulu waktu diberi kepercayaan pegang client dan aku wajib mendapatkan calon kandidat. Tapi alhamdulillah, memang learning by doing ya aku ternyata bisa lho membajak orang top dari perusahaan top. Store Manager dari G**m**ia ini adalah salah satu contoh hasil bajakan saya nerd

Setelah proses yang panjang akhirnya pak ini kita sebut saja Pak Rugu menjadi yang terbaik menurut kami dan berhasil cabut dari perusahaan lamanya dengan gaji yang lebih besar tentunya. Berikut perhitungannya,

Biaya administrasi dari client : Rp. 2.000.000,-
Mungkin yang kepake buat ng'approach' kandidat + interview cuma sampe 1jt

Misal gaji baru Store Manager tersebut adalah 25 juta dengan perjanjian prosentase yang telah disetujui bersama client misalnya 20% (besarnya prosentase tergantung kesepakatan, kadang bisa mencapai 30% lho..). Dan inilah yang akan kita dapatkan:

20% dari total Annual Fee plus semua tunjangannnya

Kalau dilihat sih kayaknya kisarannya gak begitu gede, tapi begitu dihitung kaget

1. Gaji Pokok @ Rp. 25.000.000,- * 14 (2 hari raya) : Rp. 350.000.000,-
2. Mobil Grand Livina : Rp. 150.000.000,-
3. Bensin + Tol : Rp. 1.000.000,-
4. Kesehatan : Rp. 10.000.000,-
5. Uang Makan @ Rp. 50.000,- : Rp. 1.000.000,-
6. Tunjangan Pendidikan : Rp. 10.000.000,-

----------------------------------------------------------------------------------------------- +

Total Annual Fee : Rp. 522.000.000,-


20% Total Annual Fee : Rp. 104.400.000,-

Dan itulah angka yang kita dapatkan. Dapetnya banyak, kerjanya gak terlalu berat Angka-angka di atas cuma permisalan aja ya. Belum lagi kalau perusahaan yang ngasih banyak tunjangan, semakin banyak pulalah yang akan kita terima.

Alhamdulillah banyak pengalaman yang saya dapat waktu bekerja di HR Consulting, yah walaupun cuma 2 bulan saja. Belajar berani ngomong sama orang, lebih percaya diri, sudah bisa mewawancarai kandidat bases on requirements, english communication skill saya jadi nambah, writing english yang formal, banyak deh pokoknya. Thanks mbak Vivian ya.. agree5 gak nyangka saya bisa!

Pengen sebenarnya nerusin belajar ini, tapi saya kudu kuliah Psikologi dulu kalau bener-bener mau serius. Yang jelas, cita-cita saya adalah menjadi full mom yang terbaik untuk anak saya kelak. Gak pingin meninggalkan mereka di rumah, sementara saya bekerja. Saya ingin mendidik mereka all by my hand. Masalah kerja, bisa kan kerja dari rumah Semoga Allah memberi jalan yang terbaik bagi saya nanti amiennn...

Ayo semangat..!!!

20 weeks

Alhamdulillah Kamis kemarin jadi juga kami memeriksakan dedde' setelah kurang lebih 1.5 bulan gak kontrol. Ini karena pulang kampung kemarin, jadi jadwal kontrol kita mundurin sedikit hehhehe.. Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan kemarin semua dalam kondisi sehat dan normal Sebelumnya ada perasaan takut juga karena pulkamp kemarin kan naik kereta takut ada apa-apa, tapi alhamdulillah lagi dedde'nya sehat dan kuat agree5 BB ibunya sekarang sudah 63.5kg naik 4.5kg dari bulan lalu dan sudah naik 9.5 dari awal kehamilan. Semua orang pasti kaget & bilang gak kebanyakan itu kalau tanya "Sudah naik berapa kilo??" dan kujawab dengan tegas "9.5kg!"

Tanya ke dr. Is gak masalah kok sama kenaikan BBku kan memang normalnya naik 0.5kg setiap minggunya dan lagi badanku juga gak gede-gede amat, masih hampir sama waktu sebelum hamil
malu Alhamdulillah gak ada keluhan walaupun kontrolnya telat, cuman perut kiriku sering gateeeellll banget dan sekarang sudah blurik sedikit. Dan benar saja, waktu di USG ternyata posisi dedde' lagi melintang kepalanya di sebelah kiri. Ketahuan nih yang bikin perut kiriku gatel, karena rambutnya dedde' Waktu itu posisinya mlungker, kayaknya kalau posisi melintang udah gak cukup nih lebar perutku hehhehe.. Jadi panjangnya gak bisa diukur, tapi bisa ngukur beratnya. Tarra..beratnya sudah 300g, alhamdulillah sudah cocok sama di babycenter lebih 50g tapi. Ancen anakku ini ginuk-ginuk hehhehe...

Pas mau dilihat jenis kelaminnya gak bisa-bisa, la dedde'e gerak truss, pas dideketin pasti langsung ditutupin ma kakinya, Subhanallah..gemes banget liatnya Sehat dan kuat ya sayang ya.. Ayoo.. terus gerak juga ya de' kami bahagia sekali merasakan gerakanmu..

Kemarin juga tanya ke dr. Is tentang massage PD, perlu dilakukan pada usia kehamilanku saat ini gak se? Dan menurut beliau boleh dilakukan tetapi jangan sering-sering karena takut menimbulkan kontraksi, mending nanti sekitar 5 bulan ke atas. Sejauh ini saya sudah melakukannya baru satu kali, dan waktu itu sudah keluar kolostrumnya walaupun sedikit. Alhamdulillah seneng banget, semoga nanti bisa ASI Eksklusif sampai 2 tahun amien.. Kalau sekarang sudah rajin minum air rebusan kacang hijau plus makan daun katuk biar nanti ASInya lancar. Sedangkan untuk pemeriksaan gula darah baru dilakukan bulan depan. Semoga semuanya normal baik ibu maupun dedde'nya amien ya robbal allamien..

Hari sabtunya, setelah dari kantor saya nyempetin mampir ke Carrefour Lebak Bulus bareng m.jry, beli seafood buanyak banget, mulai udang jerbung, cumi, salmon, kerapu, sampe bawal. Hehhehe..ini buat dedde' semua sekalian melatih kemampuan memasak saya Untuk sayurnya kami sudah belanja di pasar minggu minggu kemarin. Sebisa mungkin kami menerapkan "no jajan" yang sudah menjadi tradisi di keluarga saya malu biar gak tuman, jadi ya konsekuensinya harus banyak banyak belajar masak hehhehe..

Love you so much de'.. love13

30 August 2008

Medical Check Up

2 comments
Tadi pagi saya melakukan medical check up kehamilan di Lab Pramita Utama Mampang sesuai permintaan dr. Isnaeni, dokter kandungan saya. Ini untuk melihat kondisi saya, diantaranya:
  1. Kadar Glukosa

Ini adalah batas normal kadar glukosa:
Pada saat : Puasa (nuchter) : 80 - 110 mg/dl

Setelah makan : 110 - 160 gr/dl

  1. Hematologi lengkap, meliputi:

MCV (mean corpuscular volume/volume sel darah merah)
MCV menurun apabila kekurangan zat besi semakin parah, dan pada saat anemia mulai berkembang. Merupakan indikator kekurangan zat besi spesifik setelah thalasemia dan anemia penyakit kronis disingkirkan. Dihitung dengan membagi hematokrit dengan jumlah sel darah merah.
MCV dalam batas normal (80-100 fl)

MCH (mean corpuscular hemoglobin/berat hemoglobin rata-rata dalam 1 eritrosit)
MCH sering tersedia bersama dengan MCV dan keduanya menunjukkan korelasi yang erat. Dihitung dengan membagi hemoglobin dengan jumlah sel darah merah. Hipokrom bila MCH kurang dari 27 pg

MCHC (meancorpuscular hemoglobin consentration/konsentrasi hemoglobin eritrosit rata-rata)
MCHC berguna untuk menunjukkan adanya hipokrom tetapi jarang abnormal, bila MCV dan MCH menunjukkan angka normal. MCHC menurun bila penurunan zat besi lebih lama dan lebih berat dan lebih sering dihubungkan dengan anemia defisiensi besi. Dihitung dengan membagi hemoglobin dan hematokrit.
MCHC dalam batas normal/normokrom (MCHC 32-36 gr/l)


  1. HbsAg (Hepatitis B surface-Antigen)

HBsAg adalah salah satu pemeriksaan yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya virus hepatitis B di dalam darah

  1. Test urine lengkap.


Semoga saja hasilnya dalam batas normal semua, tidak ada yang kurang atau lebih ya Allah amien ya robbal allamien.. Tadi malem saya diharuskan puasa kurang lebih 10 jam sebelum diambil darahnya, lumayanlah itung-itung buat latihan persiapan menyambut Ramadhan Pernah dulu nyoba puasa pas awal-awal kehamilan alhamdulillah kuat, semoga nanti dedde' bisa diajak puasa Ramadhan full amienn...

Sepertinya Ramadhan kali ini musim hujan yang akan menemani. Buktinya sudah beberapa hari ini hujan, lumayan deres juga. Well, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan ya semua, semoga kita semua mendapatkan berkah di bulan yang penuh berkah ini amien ya robbal allamien... Yuk, kita berlomba-lomba mengisi bulan Ramadhan ini dengan ibadah.. Semangat..!!


28 August 2008

Weekend = Touring Panjang

0 comments
Seperti weekend-weekend biasanya, kami selalu mengisinya dengan touring panjang hehehe.. Gimana nggak touring panjang, lha berangkat pagi malamnya baru pulang. Itu juga yang kami lakukan hari Minggu kemarin. Saya sih mau-mau saja, karena bagi saya hari Minggu serasa hari Sabtu kan hari Seninnya masih libur Alhamdulillah, senang sekali saya dapat jadwal yang hari Seninnya libur, selain bisa istirahat di rumah bisa menghindari macet juga karena hari itu puncak-puncaknya macet.

Minggu kemarin rute acara kami adalah Masjid Istiqlal - Kwitang - Ps. Jatinegara - Kuningan - Senayan (yang terakhir saya gak ikut). Pagi-pagi saya udah ngerengek minta berangkat sebelum jam 7 karena acaranya tertulis jam 7-12. M.jry nya gak mau, kepagian katanya, beliau bilang kalau acaranya itu jam 9-11.30. Saya dengan semangat 45 masih keukeuh pengen berangkat pagi sesuai jadwal Akhirnya tak suruh telpon mas Arif aja untuk mastiin jadwalnya, dan ternyata benar acaranya baru dimulai jam 9 agree6 Jadi deh kita leyeh-leyeh dulu. Bersih-bersih rumah bentar sambil nyiram tanaman di halaman depan, mandi, sarapan roti, dan baru berangkat dari rumah jam 9 (kebiasaan molor yang susah dihilangkan) Hari itu sengaja gak masak memang lha memang direncanakan touring seharian.

Sekitar jam 9.30 kita udah nyampe di Istiqlal, udah ramee.. Waktu itu Habib Hasan bin Ja'far Assegaf yang ngisi. Saya gak bisa denger dengan jelas, mungkin karena beliau ini semangat sekali ya dan jarak antara mike dan mulut terlalu dekat. Selanjutnya diisi Aa' Gym, wahh..lama sekali saya gak denger tausiyahnya beliau. Tapi..saya gak bisa denger full, keburu ke kamar mandi dan antrinya panjaaaannggg sekali Pas kembali la kok sudah Arifin Ilham. Alhamdulillah..senang sekali rasanya, karena sudah lama sekali gak mendengar tausiyah beliau yang menyentuh hati

Acara ini selesai jam 11.30, acara kami dilanjut ke Kwitang tepatnya ke toko buku Wali Songo sekalian sholat disana. Kami kesana dalam rangka cari terjemahan Al-Quran buat ditaruh di mushola kantornya m.jry. Trus perjalanan kita masih dilanjut, kali ini kami ke Pasar Jatinegara
rencananya mau cari baju buat saya malu karena rok di rumah udah nggak muat semua kasian si dedde' kalo ibunya pake baju kekecilan. Sekalian cari kado buat anaknya mas Parlan yang tanggal 18 Agustus kemarin lahir. Seneng sekali di toko baby Purnama ini, keliatannya kecil sih tokonya tapi lengkap, bajunya lucu-lucu, sambil ngebayangin dedde' nanti pake baju apa ya? hehehhe... Tak lupa saya minta checklist perlengkapan baju bayi ke mbaknya walaupun sudah punya checklist sendiri. takut kalau ada yang kelewat. Sayangnya saya malah gak dapet baju terusan yang saya pingini. Ya wes lah, next weekend aja cari lagi

Next tujuan kita adalah Kuningan, mau nengok bayi sekalian servis Grand Cinta kami love28 Sampe disana ternyata dede'nya mas Parlan masih di Bekasi, yahhhh gak jadi liat dede' bayi donk. Akhirnya cuma bisa servis aja sampe sekitar jam 5an. Kami cepet-cepet pulang nguber maghrib di rumah kan m.jry juga masih ada acara di Senayan. Tapi perjalanan kita nggak mulus, pas nyampe di Ragunan kami kehabisan bensin hehehe.. Jadi deh kita jalan lewat taman anggrek sampe deket rumah, Alhamdulillah babe yang jualan bensin masih buka Nyampe rumah, sholat, leyeh-leyeh sebentar (*teteuuuppp), saya tetep leyeh-leyeh waktunya istirahat, kalau m.jry udah persiapan mau berangkat ke Senayan. Suamiku ini bener-bener gak ada capeknya agree5 sama kayak Ibu, Ibunya BuLang(IBu PetuaLang) anaknya BoLang (Bocah PetuaLang) hehehe...

Ya..itulah weekend kami berempat (lho..?! kok berempat??) Iya, saya, m.jry, dedde' yang masih di perut, dan Grand Cinta kami yang selalu setia menemani. Next weekend touring panjang kemana lagi ya..??

07 August 2008

Upaya Penyelamatan Gizi Pada Susu

1 comments
Alhamdulillah join milis sehat benar-benar membuat mata saya melek kaget akan kesehatan. Betapa tidak, banyak sekali informasi yang ada di otak kita yang ternyata salah kaprah. Misalnya ketika sakit cepet minum obat, dan faktanya tidak semua sakit diobati dengan obat. Batuk, pilek, demam misalnya, ini adalah salah satu common problem yang sering menimpa kita. Obatnya apa?? Yang jelas bukan obat-obatan apalagi antibiotik, obatnya adalah selalu menjaga asupan gizi kita, banyak minum, dan istirahat yang cukup. Penggunaan antibiotik juga tidak boleh sembarangan, harus ada indikasi infeksi, kalau cuma untuk mencegah ngapain minum antibiotik Lanjut masalah susu juga, jangan mudah kemakan iklan ya ibu-ibu.. yang penting fresh milk tanpa tambahan apapun. Oh iya, saya ini bumil pengkonsumsi susu UHT Plain lho.. Ini ada artikel bagus mengenai susu, semoga bermanfaat ya..

Wanna be a Smart Parents? Join milis sehat! mukajail

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Susu merupakan sumber gizi terbaik bagi mamalia yang baru dilahirkan. Susu disebut sebagai makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizinya yang lengkap. Selain air, susu mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, enzim-enzim, gas serta vitamin A, C dan D dalam jumlah memadai. Manfaat susu merupakan hasil dari interaksi molekul-molukel yang terkandung di dalamnya. Susu segar merupakan cairan yang berasal dari ambing sapi sehat dan bersih yang diperoleh dengan cara pemerahan yang benar yang kandungan alaminya tidak dikurangi atau ditambah sesuatu apapun dan belum mendapat perlakuan apapun (SNI 01-3141-1998). Dalam prakteknya sangat kecil peluang kita untuk mengonsumsi susu segar definisi SNI tersebut di atas. Umumnya susu yang dikonsumsi masyarakat adalah susu olahan baik dalam bentuk cair (susu pasteurisasi, susu UHT) maupun susu bubuk.

Susu pasteurisasi merupakan susu yang diberi perlakuan panas sekitar 63-72 derjat Celcius selama 15 detik yang bertujuan untuk membunuh bakteri patogen. Susu pasteurisasi harus disimpan pada suhu rendah (5-6 derjat Celcius) dan memiliki umur simpan hanya sekitar 14 hari. Susu bubuk berasal susu segar baik dengan atau tanpa rekombinasi dengan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan. Umumnya pengeringan dilakukan dengan menggunakan spray dryer atau roller drayer. Umur simpan susu bubuk maksimal adalah 2 tahun dengan penanganan yang baik dan benar. Susu bubuk dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu susu bubuk berlemak (full cream milk prowder), susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder) dan susu bubuk tanpa lemak (skim milk prowder) (SNI 01-2970-1999).

Susu UHT (ultra high temperature) merupakan susu yang diolah menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang singkat (135-145 derjat Celcius) selama 2-5 detik (Amanatidis, 2002). Pemanasan dengan suhu tinggi bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme (baik pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segarnya.

Proses Susu UHT
Susu cair segar UHT dibuat dari susu cair segar yang diolah menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang sangat singkat untuk membunuh seluruh mikroba, sehingga memiliki mutu yang sangat baik. Secara kesuluruhan faktor utama penentu mutu susu UHT adalah bahan baku, proses pengolahan dan pengemasannya. Bahan baku susu UHT cair segar adalah susu segar yang memiliki mutu tinggi terutama dalam komposisi gizi. Hal ini didukung oleh perlakuan pra panen hingga pasca panen yang terintegrasi. Pakan sapi harus diatur agar bermutu baik dan mengandung zat-zat gizi yang memadai, bebas dari antibiotika dan bahan-bahan toksis lainnya. Dengan demikian, sapi perah akan menghasilkan susu dengan komposisi gizi yang baik. Mutu susu segar juga harus didukung oleh cara pemerahan yang benar termasuk di dalamnya adalah pencegahan kontaminasi fisik dan mikrobiologis dengan sanitasi alat pemerah dan sanitasi pekerja. Susu segar yang baru diperah harus diberli perlakuan dingin termasuk transportasi susu menuju pabrik. Pengolahan di pabrik untuk mengkonversi susu segar menjadi susu UHT juga harus dilakukan dengan sanitasi yang maksimum yaitu dengan menggunakan alat-alat yang steril dan meminimumkan kontak dengan tangan. Seluruh proses dilakukan secara aseptik.

Susu UHT dikemas secara higienis dengan menggunakan kemasan aseptik multilapis berteknologi canggih, Kemasan multilapis ini kedap udara sehingga bakteri pun tak dapat masuk ke dalamnya. Karena bebas bakteri perusak minuman, maka susu UHT pun tetap segar dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu kemasan multilapis susu UHT ini juga kedap cahaya sehingga cahaya ultra violet tak akan mampu menembusnya dengan terlindungnya dari sinar ultra violet maka kesegaran susu UHT pun akan tetap terjaga. Setiap kemasan aseptik multilapis susu UHT disterilisasi satu per satu secara otomatis sebelum diisi dengan susu. Proses tersebut secara otomatis dilakukan hampir tanpa adanya campur tangan manusia sehingga menjamin produk yang sangat higienis dan memenuhi standar kesehatan internasional. Dengan demikian teknologi UHT dan kemasan aseptik multilapis menjamin susu UHT bebas bakteri dan tahan lama tidak membutuhkan bahan pengawet dan tak perlu disimpan di lemari pendingin hingga 10 bulan setelah diproduksi.

Keunggulan Susu UHT
Kelebihan-kelebihan susu UHT adalah simpannya yang sangat panjang pada susuh kamar yaitu mencapai 6-10 bulan tanpa bahan pengawet dan tidak perlu dimasukkan ke lemari pendingin. Jangka waktu ini lebih lama dari umur simpan produk susu cair lainnya seperti susu pasteurisasi. Selain itu susu UHT merupakan susu yang sangat higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada. Kontak panas yang sangat singkat pada proses UHT menyebabkan mutu sensori (warna, aroma dan rasa khas susu segar) dan mutu zat gizi, relatif tidak berubah.

Proses pengolahan susu cair dengan teknik sterilisasi atau pengolahan menjadi susu bubuk sangat berpengaruh terhadap mutu sensoris dan mutu gizinya terutama vitamin dan protein.


Pengolahan susu cair segar menjadi susu UHT sangat sedikit pengaruhnya terhadap kerusakan protein.


Di lain pihak kerusakan protein sebesar 30 persen terjadi pada pengolahan susu cair menjadi susu bubuk. Kerusakan protein pada pengolahan susu dapat berupa terbentuknya pigmen coklat (melanoidin) akibat reaksi Mallard. Reaksi Mallard adalah reaksi pencoklatan non enzimatik yang terjadi antara gula dan protein susu akibat proses pemanasan yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama seperti pada proses pembuatan susu bubuk. Reaksi pencoklatan tersebut menyebabkan menurunnya daya cerna protein. Proses pemanasan susu dengan suhu tinggi dalam waktu yang cukup lama juga dapat menyebabkan terjadinya rasemisasi asam-asam amino yaitu perubahan konfigurasi asam amino dari bentuk L ke bentuk D. Tubuh manusia umumnya hanya dapat menggunakan asam amino dalam bentuk L. Dengan demikian proses rasemisasi sangat merugikan dari sudut pandang ketersediaan biologis asam-asam amino di dalam tubuh. Reaksi pencoklatan (Mallard) dan rasemisasi asam amino telah berdampak kepada menurunnya ketersedian lisin pada produk-produk olahan susu. Penurunan ketersediaan lisin pada susu UHT relatif kecil yaitu hanya mencapai 0-2 persen. Pada susu bubuk penurunannya dapat mencapai 5-10 persen.

Tips Penggunaan Susu UHT
Apabila kemasan susu UHT telah dibuka, maka susu tersebut harus disimpan pada refrigerator. Susu UHT harus dihindarkan dari penyimpanan pada suhu tinggi (di atas 50 derjat Celcius) karena dapat terjadi gelasi yaitu pembentukan gel akibat kerusakan protein.
Kerusakan susu UHT sangat mudah dideteksi secara visual, ciri utama yang umum terjadi adalah kemasan menggembung. Gembungnya kemasan terjadi akibat kebocoran kemasan yang memungkinkan mikroba-mikroba penbusuk tumbuh dan memfermentasi susu. Fermentasi susu oleh mikroba pembusuk menghasilkan gas CO2 yang menyebabkan gembung. Kerusakan juga ditandai oleh timbulnya bau dan rasa yang masam. Selain menghasilkan gas, aktivitas fermentasi oleh mikroba pembusuk juga menghasilkan alkohol dan asam-asam organik yang menyebabkan susu menjadi berflavor dan beraroma masam. Hindari mengkonsumsi susu UHT yang telah mengental. Fermentasi susu oleh bakteri pembusuk juga pembusuk juga menyebabkan koagulasi dan pemecahan protein akibat penurunan pH oleh asam-asam organik. Koagulasi dan pemecahan protein inilah yang menyebabkan tekstur susu rusak yaitu menjadi pecah dan agak kental. (sh)

05 August 2008

HR Consulting, bisnis yang menjanjikan

2 comments
Sekali-kali posting tentang bisnis boleh kan? sekalian prepare ketika sudah tidak bekerja nanti. Kenapa saya menyebut HR Consulting sebagai bisnis yang menjanjikan? Ya karena untung yang didapat sangat banyak, dengan modal yang gak terlalu banyak dan dalam waktu yang lumayan singkat. Gimana?? Tertarik?? mukajail

Begini, akan saya beri ilustrasi sedikit berdasarkan pengalaman saya dulu ya.. Misal 1 client lagi butuh Store Manager buat perusahaan barunya, ambil saja targetnya adalah toko buku ternama G**m**ia. Client bayar biaya administrasi sesuai perjanjian biar kita bisa jalan, mulailah membajak para store manager dari perusahaan ternama itu. Saat itu cukup satu bulan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan nama dan calon kandidat yang berminat dari semua store manager dan wakilnya seluruh DKI Jakarta. Hebat kan?? Kuncinya hanya satu waktu meng'approach' orang agar mereka tertarik yaitu HARUS PERCAYA DIRI DAN TINGGIKAN NILAI DARI CLIENT KITA

Bosku adalah seorang Senior Consulting Manager lulusan S2 Australia, wajar lah kalau beliau yang ngomong, pasti kebanyakan orang percaya dengan omongannya. Lha aku?? Aku hanya seorang anak teknik lulusan STM, gak pinter dalam hal Psikologi apalagi Komunikasi Sempet takut juga dulu waktu diberi kepercayaan pegang client dan aku wajib mendapatkan calon kandidat. Tapi alhamdulillah, memang learning by doing ya aku ternyata bisa lho membajak orang top dari perusahaan top. Store Manager dari G**m**ia ini adalah salah satu contoh hasil bajakan saya nerd

Setelah proses yang panjang akhirnya pak ini kita sebut saja Pak Rugu menjadi yang terbaik menurut kami dan berhasil cabut dari perusahaan lamanya dengan gaji yang lebih besar tentunya. Berikut perhitungannya,

Biaya administrasi dari client : Rp. 2.000.000,-
Mungkin yang kepake buat ng'approach' kandidat + interview cuma sampe 1jt

Misal gaji baru Store Manager tersebut adalah 25 juta dengan perjanjian prosentase yang telah disetujui bersama client misalnya 20% (besarnya prosentase tergantung kesepakatan, kadang bisa mencapai 30% lho..). Dan inilah yang akan kita dapatkan:

20% dari total Annual Fee plus semua tunjangannnya

Kalau dilihat sih kayaknya kisarannya gak begitu gede, tapi begitu dihitung kaget

1. Gaji Pokok @ Rp. 25.000.000,- * 14 (2 hari raya) : Rp. 350.000.000,-
2. Mobil Grand Livina : Rp. 150.000.000,-
3. Bensin + Tol : Rp. 1.000.000,-
4. Kesehatan : Rp. 10.000.000,-
5. Uang Makan @ Rp. 50.000,- : Rp. 1.000.000,-
6. Tunjangan Pendidikan : Rp. 10.000.000,-

----------------------------------------------------------------------------------------------- +

Total Annual Fee : Rp. 522.000.000,-


20% Total Annual Fee : Rp. 104.400.000,-

Dan itulah angka yang kita dapatkan. Dapetnya banyak, kerjanya gak terlalu berat Angka-angka di atas cuma permisalan aja ya. Belum lagi kalau perusahaan yang ngasih banyak tunjangan, semakin banyak pulalah yang akan kita terima.

Alhamdulillah banyak pengalaman yang saya dapat waktu bekerja di HR Consulting, yah walaupun cuma 2 bulan saja. Belajar berani ngomong sama orang, lebih percaya diri, sudah bisa mewawancarai kandidat bases on requirements, english communication skill saya jadi nambah, writing english yang formal, banyak deh pokoknya. Thanks mbak Vivian ya.. agree5 gak nyangka saya bisa!

Pengen sebenarnya nerusin belajar ini, tapi saya kudu kuliah Psikologi dulu kalau bener-bener mau serius. Yang jelas, cita-cita saya adalah menjadi full mom yang terbaik untuk anak saya kelak. Gak pingin meninggalkan mereka di rumah, sementara saya bekerja. Saya ingin mendidik mereka all by my hand. Masalah kerja, bisa kan kerja dari rumah Semoga Allah memberi jalan yang terbaik bagi saya nanti amiennn...

Ayo semangat..!!!

20 weeks

1 comments
Alhamdulillah Kamis kemarin jadi juga kami memeriksakan dedde' setelah kurang lebih 1.5 bulan gak kontrol. Ini karena pulang kampung kemarin, jadi jadwal kontrol kita mundurin sedikit hehhehe.. Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan kemarin semua dalam kondisi sehat dan normal Sebelumnya ada perasaan takut juga karena pulkamp kemarin kan naik kereta takut ada apa-apa, tapi alhamdulillah lagi dedde'nya sehat dan kuat agree5 BB ibunya sekarang sudah 63.5kg naik 4.5kg dari bulan lalu dan sudah naik 9.5 dari awal kehamilan. Semua orang pasti kaget & bilang gak kebanyakan itu kalau tanya "Sudah naik berapa kilo??" dan kujawab dengan tegas "9.5kg!"

Tanya ke dr. Is gak masalah kok sama kenaikan BBku kan memang normalnya naik 0.5kg setiap minggunya dan lagi badanku juga gak gede-gede amat, masih hampir sama waktu sebelum hamil
malu Alhamdulillah gak ada keluhan walaupun kontrolnya telat, cuman perut kiriku sering gateeeellll banget dan sekarang sudah blurik sedikit. Dan benar saja, waktu di USG ternyata posisi dedde' lagi melintang kepalanya di sebelah kiri. Ketahuan nih yang bikin perut kiriku gatel, karena rambutnya dedde' Waktu itu posisinya mlungker, kayaknya kalau posisi melintang udah gak cukup nih lebar perutku hehhehe.. Jadi panjangnya gak bisa diukur, tapi bisa ngukur beratnya. Tarra..beratnya sudah 300g, alhamdulillah sudah cocok sama di babycenter lebih 50g tapi. Ancen anakku ini ginuk-ginuk hehhehe...

Pas mau dilihat jenis kelaminnya gak bisa-bisa, la dedde'e gerak truss, pas dideketin pasti langsung ditutupin ma kakinya, Subhanallah..gemes banget liatnya Sehat dan kuat ya sayang ya.. Ayoo.. terus gerak juga ya de' kami bahagia sekali merasakan gerakanmu..

Kemarin juga tanya ke dr. Is tentang massage PD, perlu dilakukan pada usia kehamilanku saat ini gak se? Dan menurut beliau boleh dilakukan tetapi jangan sering-sering karena takut menimbulkan kontraksi, mending nanti sekitar 5 bulan ke atas. Sejauh ini saya sudah melakukannya baru satu kali, dan waktu itu sudah keluar kolostrumnya walaupun sedikit. Alhamdulillah seneng banget, semoga nanti bisa ASI Eksklusif sampai 2 tahun amien.. Kalau sekarang sudah rajin minum air rebusan kacang hijau plus makan daun katuk biar nanti ASInya lancar. Sedangkan untuk pemeriksaan gula darah baru dilakukan bulan depan. Semoga semuanya normal baik ibu maupun dedde'nya amien ya robbal allamien..

Hari sabtunya, setelah dari kantor saya nyempetin mampir ke Carrefour Lebak Bulus bareng m.jry, beli seafood buanyak banget, mulai udang jerbung, cumi, salmon, kerapu, sampe bawal. Hehhehe..ini buat dedde' semua sekalian melatih kemampuan memasak saya Untuk sayurnya kami sudah belanja di pasar minggu minggu kemarin. Sebisa mungkin kami menerapkan "no jajan" yang sudah menjadi tradisi di keluarga saya malu biar gak tuman, jadi ya konsekuensinya harus banyak banyak belajar masak hehhehe..

Love you so much de'.. love13