Sekali-kali posting tentang bisnis boleh kan?
Begini, akan saya beri ilustrasi sedikit berdasarkan pengalaman saya dulu ya.. Misal 1 client lagi butuh Store Manager buat perusahaan barunya, ambil saja targetnya adalah toko buku ternama G**m**ia. Client bayar biaya administrasi sesuai perjanjian biar kita bisa jalan, mulailah membajak para store manager dari perusahaan ternama itu. Saat itu cukup satu bulan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan nama dan calon kandidat yang berminat dari semua store manager dan wakilnya seluruh DKI Jakarta. Hebat kan?? Kuncinya hanya satu waktu meng'approach' orang agar mereka tertarik yaitu HARUS PERCAYA DIRI DAN TINGGIKAN NILAI DARI CLIENT KITA
Bosku adalah seorang Senior Consulting Manager lulusan S2 Australia, wajar lah kalau beliau yang ngomong, pasti kebanyakan orang percaya dengan omongannya. Lha aku?? Aku hanya seorang anak teknik lulusan STM, gak pinter dalam hal Psikologi apalagi Komunikasi
Setelah proses yang panjang akhirnya pak ini kita sebut saja Pak Rugu menjadi yang terbaik menurut kami dan berhasil cabut dari perusahaan lamanya dengan gaji yang lebih besar tentunya. Berikut perhitungannya,
Biaya administrasi dari client : Rp. 2.000.000,-
Mungkin yang kepake buat ng'approach' kandidat + interview cuma sampe 1jt
Misal gaji baru Store Manager tersebut adalah 25 juta dengan perjanjian prosentase yang telah disetujui bersama client misalnya 20% (besarnya prosentase tergantung kesepakatan, kadang bisa mencapai 30% lho..). Dan inilah yang akan kita dapatkan:
Kalau dilihat sih kayaknya kisarannya gak begitu gede, tapi begitu dihitung
Dan itulah angka yang kita dapatkan. Dapetnya banyak, kerjanya gak terlalu berat
Alhamdulillah banyak pengalaman yang saya dapat waktu bekerja di HR Consulting, yah walaupun cuma 2 bulan saja. Belajar berani ngomong sama orang, lebih percaya diri, sudah bisa mewawancarai kandidat bases on requirements, english communication skill saya jadi nambah, writing english yang formal, banyak deh pokoknya. Thanks mbak Vivian ya.. gak nyangka saya bisa!
Pengen sebenarnya nerusin belajar ini, tapi saya kudu kuliah Psikologi dulu kalau bener-bener mau serius. Yang jelas, cita-cita saya adalah menjadi full mom yang terbaik untuk anak saya kelak. Gak pingin meninggalkan mereka di rumah, sementara saya bekerja. Saya ingin mendidik mereka all by my hand. Masalah kerja, bisa kan kerja dari rumah
Ayo semangat..!!!
sekalian prepare ketika sudah tidak bekerja nanti. Kenapa saya menyebut HR Consulting sebagai bisnis yang menjanjikan? Ya karena untung yang didapat sangat banyak, dengan modal yang gak terlalu banyak dan dalam waktu yang lumayan singkat. Gimana?? Tertarik?? Begini, akan saya beri ilustrasi sedikit berdasarkan pengalaman saya dulu ya.. Misal 1 client lagi butuh Store Manager buat perusahaan barunya, ambil saja targetnya adalah toko buku ternama G**m**ia. Client bayar biaya administrasi sesuai perjanjian biar kita bisa jalan, mulailah membajak para store manager dari perusahaan ternama itu. Saat itu cukup satu bulan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan nama dan calon kandidat yang berminat dari semua store manager dan wakilnya seluruh DKI Jakarta. Hebat kan?? Kuncinya hanya satu waktu meng'approach' orang agar mereka tertarik yaitu HARUS PERCAYA DIRI DAN TINGGIKAN NILAI DARI CLIENT KITA
Bosku adalah seorang Senior Consulting Manager lulusan S2 Australia, wajar lah kalau beliau yang ngomong, pasti kebanyakan orang percaya dengan omongannya. Lha aku?? Aku hanya seorang anak teknik lulusan STM, gak pinter dalam hal Psikologi apalagi Komunikasi
Sempet takut juga dulu waktu diberi kepercayaan pegang client dan aku wajib mendapatkan calon kandidat. Tapi alhamdulillah, memang learning by doing ya aku ternyata bisa lho membajak orang top dari perusahaan top. Store Manager dari G**m**ia ini adalah salah satu contoh hasil bajakan saya Setelah proses yang panjang akhirnya pak ini kita sebut saja Pak Rugu menjadi yang terbaik menurut kami dan berhasil cabut dari perusahaan lamanya dengan gaji yang lebih besar tentunya. Berikut perhitungannya,
Biaya administrasi dari client : Rp. 2.000.000,-
Mungkin yang kepake buat ng'approach' kandidat + interview cuma sampe 1jt
Misal gaji baru Store Manager tersebut adalah 25 juta dengan perjanjian prosentase yang telah disetujui bersama client misalnya 20% (besarnya prosentase tergantung kesepakatan, kadang bisa mencapai 30% lho..). Dan inilah yang akan kita dapatkan:
20% dari total Annual Fee plus semua tunjangannnya
Kalau dilihat sih kayaknya kisarannya gak begitu gede, tapi begitu dihitung
1. Gaji Pokok @ Rp. 25.000.000,- * 14 (2 hari raya) : Rp. 350.000.000,-
2. Mobil Grand Livina : Rp. 150.000.000,-
3. Bensin + Tol : Rp. 1.000.000,-
4. Kesehatan : Rp. 10.000.000,-
5. Uang Makan @ Rp. 50.000,- : Rp. 1.000.000,-
6. Tunjangan Pendidikan : Rp. 10.000.000,-
----------------------------------------------------------------------------------------------- +
Total Annual Fee : Rp. 522.000.000,-
20% Total Annual Fee : Rp. 104.400.000,-
Dan itulah angka yang kita dapatkan. Dapetnya banyak, kerjanya gak terlalu berat
Angka-angka di atas cuma permisalan aja ya. Belum lagi kalau perusahaan yang ngasih banyak tunjangan, semakin banyak pulalah yang akan kita terima.Alhamdulillah banyak pengalaman yang saya dapat waktu bekerja di HR Consulting, yah walaupun cuma 2 bulan saja. Belajar berani ngomong sama orang, lebih percaya diri, sudah bisa mewawancarai kandidat bases on requirements, english communication skill saya jadi nambah, writing english yang formal, banyak deh pokoknya. Thanks mbak Vivian ya.. gak nyangka saya bisa!
Pengen sebenarnya nerusin belajar ini, tapi saya kudu kuliah Psikologi dulu kalau bener-bener mau serius. Yang jelas, cita-cita saya adalah menjadi full mom yang terbaik untuk anak saya kelak. Gak pingin meninggalkan mereka di rumah, sementara saya bekerja. Saya ingin mendidik mereka all by my hand. Masalah kerja, bisa kan kerja dari rumah
Semoga Allah memberi jalan yang terbaik bagi saya nanti amiennn...Ayo semangat..!!!
Comments
Salut bwt mbak Aning yang mo jd *full mom*
Semoga bisa jadi seprti yang diharapkan bersama... ^_^