Skip to main content

Review Klasi

Alhamdulillah kemarin Minggu saya dan dedde' jadi ikut Klasi di Markas Sehat Ragunan. Pengalaman yang pertama dan benar-benar banyaaaakkkkk sekali manfaatnya. Membuat para calon orang tua sadar untuk selalu memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta dan gak boleh berhenti belajar karena setiap hari ilmu mengenai kesehatan anak itu banyak dan terus berkembang. Mau jadi smart parents kan buat anak kita??
Ini sedikit review dari hasil Klasi kemarin, semoga bermanfaat ya...

Acara hari itu dipandu oleh TIM ASI YOP yang terdiri dari Mbak Sisil, Mbak Vida, dan Mbak Ade. Acara pertama masih ngobrol-ngobrol biasa sebelum ke acara inti, dan selanjutnya diputar Video IMD yang diputar waktu World Breastfeeding Week awal Agustus kemarin. Subhanallah lihat video ini benar-benar bikin takjub dan gak ada kata-kata lain yang keluar selain Subhanallah..
Betapa tidak, bayi yang baru lahir kan gak bisa apa-apa tapi buktinya dia bisa lho merangkak dari perut ibunya mencari sumber makanannya, very nice moment senyum1 Video itu diputar berkali-kali waktu Klasi kemarin, jadi bikin semangat untuk IMD aja nih. Semoga saja saya dan dedde' nantinya bisa IMD dengan sukses amien ya robbal allamien..

Acara dilanjut dengan materi tentang manfaat dan pentingnya ASI bagi bayi. Tidak ada yang dapat menggantikan ASI untuk kebutuhan nutrisinya, susu formula pun lewat Selain itu juga dengan kita memberikan ASI akan lebih meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Dan saat hamil inilah waktu yang paling tepat untuk melakukan persiapan agar nanti setelah si dedde' lahir bisa ASI Eksklusif dengan lancar. Mengapa ASI penting untuk bayi, IMD, rawat gabung, cara kerja ASI, teknik menyusui harus sudah benar-benar kita kuasai sehingga nantinya kita sudah siap berperang tembak hehehe.. Transfer ilmu ke orang-orang terdekat juga sangat perlu lho, jangan cuma bundanya saja yang paham ASI, ayah, mertua, dan orang terdekat lainnya juga harus paham karena semakin banyak dukungan, makin sukses menyusuinya. Oh iya, kita sebagai pasien yang punya uang juga berhak "window shopping" yaitu mulai mencari tempat bersalin yang sayang ibu dan anak dan sangat mendukung IMD & ASI Eksklusif. RS yang pro ASI relatif bebas/minim promosi dari susu formula. Lihat-lihat aja ya di RSnya ada kalender, jam dinding atau apalah yang ada gambar susu formulanya, kalau ada kemungkinan gak pro ASI ada nih Rooming In selama 24jam juga penting karena bayi terjamin hanya mendapatkan ASI, ibu dapat menyusui kapanpun bayi memintanya, memudahkan ibu mengenali ritme hidup sang bayi, dan jelas sebagai penunjang keberhasilan ASI Eksklusif.

Selanjutnya adalah materi tentang IMD dengan slogannya

MENYUSUI 1 JAM PERTAMA MENYELAMATKAN 1 JUTA NYAWA BAYI



Mengapa skin to skin kontak dan IMD penting?

- Dada ibu menghangatkan bayi, sehingga menurunkan resiko kematian karena kedinginan
- Menunjang keberhasilan ASI Eksklusif
- Melindungi dan menyelamatkan bayi dari berbagai infeksi (kolostrum dan bakteri baik dari ibu)
- Melindungi dan menyelamatkan ibu dari resiko pendarahan pasca melahirkan
- Membuat ibu dan bayi tenang sehingga memperlancar ASI

Proses IMD ini berlangsung sekitar 30-60 menit. Kadang proses IMD ini sering tidak berhasil, bisa dikarenakan DSOGnya yang memang tidak pro IMD sehingga bisa menggagalkan proses IMD. Makanya itu "window shopping" perlu dilakukan sebelum si dedde' lahir ke dunia. Bisa juga yang jadi penyebab IMD gagal adalah banyaknya godaan-godaan yang membuat sang ibu luluh, seperti:
- Cukup tidak ya kolostrum yang diminum bayi?
ASI di awal pasca kelahiran (kolostrum) akan berwarna BENING kekuningan atau KENTAL kuning ke-oranye-an. Kolostrum ini kaya akan zat antibodi yang sangat dibutuhkan bayi untuk melawan berbagai kuman penyakit. Jumlah kolostrum relatif sedikit berkisar 2-3 sdt (6.86 - 13.72 ml) sekali menyusu. Jumlah tersebut SANGAT CUKUP untuk bayi. So, para ibu jangan kuatir cukup atau tidak kolostrum yang sudah diminum bayi ya ;)
- ASI saya sudah keluar belum ya?
Tenang moms, lambung bayi baru lahir hanya sebesar KELERENG dan bayi dapat hidup selama 48 jam pertama kehidupannya tanpa cairan atau asupan apapun! Walaupun ASI belum keluar tetap minta bayi untuk tetap menyusu karena dengan itu dapat memassage PD sehingga akan merangsang produksi ASI
- Kalau puting lecet bagaimana?
Puting lecet disebabkan oleh latch on (perlekatan) yang tidak tepat. Perbaiki posisi latch on nya dan untuk pengobatannya dengan mengolesinya dengan ASI dan diangin-anginkan.
- Kalau PD bengkak?
Kosongkan PD dengan cara diperah atau disusukan

Next adalah materi tentang Menyusui. Perlekatan (latch on) yang tepat sangat diperlukan untuk proses menyusui, dapat mengosongkan ASI dari PD dengan sempurna dan menghindari masalah menyusui.

Tanda-tanda perlekatan yang tepat:
- Mulut bayi TERBUKA LEBAR
- Areola bagian ATAS LEBIH BANYAK terlihat
- DAGU MENEMPEL pada PD
- Bibir bawah TERPUTAR KELUAR

MOVE THE BABY, NOT YOUR BREAST


Untuk mengetahui kecukupan asupan ASI di awal pasca masa melahirkan ada beberapa indikasi yang perlu diperhatikan:
- Frekuensi BAK > 6 x sehari
Khusus untuk bayi baru lahir, Frekuensi BAB sekitar 3 - 6 x sehari
- Pertumbuhan (kenaikan BB dan TB) yang signifikan
- Perkembangan baik (aktif, motorik halus dan kasar bagus)
Menilai kesehatan anak semata-mata tidak ditentukan oleh BB SAJA!

Materi kita selanjutnya diisi dengan seluk beluk ASI Perah. ASIP merupakan solusi bagi ibu bekerja yang meninggalkan anaknya namun tetap dapat melaksanakan ASI Eksklusif. Di sana kita diajari bagaimana memerah dengan tangan, yang dikenal dengan teknik marmet. Selain mudah dan murah memerah dengan tangan tidak akan merusak jaringan di PD bila dilakukan dengan benar. Bisa juga dengan pompa yang manual maupun elektrik. Untuk penyimpanannya ASIP lebih baik disimpan dalam botol kaca karena botol kaca tidak akan mengurangi nutrisi yang terkandung dalam ASIP.

ASIP bisa disimpan:
- Dalam suhu ruangan (19-22°C) sampai 10 jam lamanya
- Di dalam kulkas (0-4°C) sampai 8 hari (usahakan di bagian paling belakang dari kulkas) sampai 8 hari lamanya
- Di dalam freezer (dengan suhu bervariasi tergantung berapa sering pintu freezer dibuka dan ditutup) sampai 2 minggu
- Di dalam freezer dengan bagian khusus yang memiliki tutup terpisah dari pintu freezer (dengan suhu bervariasi tergantung berapa sering pintu freezer dibuka dan ditutup) sampai 3-4 bulan.
- Di dalam freezer yang sangat dingin (-17 sampai -8°C) sampai 6 bulan lamanya

Di tengah-tengah Klasi, dokter Wati ternyata datang lho, bonus ini mukajail Beliau memberikan materi seputar bayi baru lahir. Beliau menyemangati kami untuk bisa IMD dan harus bisa ASI Eksklusif, karena prinsipnya SEMUA IBU PASTI BISA MENYUSUI!

Hal penting yang perlu dipersiapkan ketika akan melahirkan adalah:

- DSOG, DSA, RS yang pro IMD dan pro ASI
- Bayi yang menentukan kapan saatnya dia menyusu dan kapan saatnya dia selesai waktu proses IMD
- RS tidak memberikan cairan apapun selain ASI
- Test apapun yang dilakukan pada bayi harus seizin dan sepengetahuan Ibu/Ayah
- Rooming in selama 24 jam
- 12 jam pertama bayi harus sudah di imunisasi Hepatitis B (karena Indonesia rentan Hepatitis)
- Sebelum pulang bayi diimunisasi BCG dan Polio

Setelah lahir inilah yang dilakukan/diberikan pada bayi (wajib ditanyakan ke DSA):
- Vit. K1
- Imunisasi Hepatitis B
- Periksa Lab: Golongan darah, G6PD, TSH-T4 (Tyroid)
Hypotyroid - tyroid kurang berfungsi


Bayi baru lahir sebenarnya tidak perlu dimandikan, cukup diseka saja apalagi untuk bayi yang belum puput pusar. Pusar bayi tidak perlu diberi apa-apa termasuk betadine dan alkohol dan tidak perlu dibungkus, pastikan kering dan bersih, dan ditata di luar popoknya, justru dengan begitu lebih cepat puput.

Kadar bilirubin tidak wajib diperiksa jika dalam 24 jam pertama bayi tidak menunjukkan tanda kuning pada kaki dan tangan, kalau cuma muka dan dada masih dalam batas normal. Pemeriksaan bilirubin menyakitkan lho bagi bayi. Kuning yang muncul serta bilirubin yang menigkat di hari kedua atau lebih tidak bahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam maksimal 3 minggu setelah kelahirannya.

Gurita, bedong, dan sarung tangan tidak perlu dipakai bayi. Untuk gurita, karena otot dada bayi baru lahir belum sempurna jadi dia menggunakan otot perutnya untuk bernafas. Jadi pemakaian gurita tidak disarankan karena akan menghambat pernafasan bayi. Bedong digunakan agar kaki bayi lurus (mitos) ini tidak benar, bedong dipakai untuk menghangatkan bayi saja. Tidak ada hubungannya kaki bayi dengan penggunaan bedong. Jadi bisa memakai baju dan celana lengan panjang saja jika ingin bayi hangat. Penggunaan sarung tangan juga tidak disarankan karena bayi baru lahir melatih motoriknya dengan indra perabanya. Jadi lebih baik tangan dan kaki bayi dibiarkan terbuka agar saraf motoriknya berkembang dengan baik.

Akhirnya selesai juga rangkuman klasi ini dibuat. Well, semoga bermanfaat ya bagi moms to be yang juga sedang mempersiapkan ilmunya untuk menyambut sang buah hati. Semoga kita semua dilancarkan dalam setiap proses yang akan kita hadapi nanti, dedde' lahir dengan sehat dan selamat tanpa kurang suatu apapun amien ya robbal allamien...

Comments

anung irawati said…
artikel yang sangat bermanfaat :D
thanks ya ning ;)

Popular posts from this blog

Window Shopping di RSIA Aulia Jagakarsa

Alhamdulillah hari Selasa kemarin jadi juga saya dan m.jry window shopping di RSIA Aulia Jagakarsa. Walaupun hampir setiap bulan saya kontrol ke Dokter Kandungan di situ, sekalipun belum pernah kami lihat-lihat dengan detail kondisi rumah sakitnya, bagaimana kamar bersalinnya, kamar pasiennya, fasilitasnya apa saja, semua itu baru kami ketahui dengan jelas kemarin Datang disana sekitar jam 9 malam setelah sebelumnya makan bubur kacang ijo madura sebelum pertigaan lenteng, lumayan buat penunda lapar hehehe. Setelah daftar di resepsionis, cek berat badan dan tensi kami lanjut ke belakang ke kamar pasien & ruang bersalin. Di sana ketemu sama perawat namanya mbak uci yang tak lain adalah adik dari temen di kantor. Owalah..dunia cuma selebar daun kelor ternyata Karena merasa dah kenal jadi lumayan lama kita ngobrolnya. Sama mbak uci kami diajak lihat-lihat kamarnya, dijelasin panjang lebar fasilitas apa aja yang didapat dari masing-masing kelasnya. Dan ternyata di Aulia selalu rooming

perjalanan balik gak seenak mudik

emang dasarnya pulkamp gak direncanain, tiket pulkamp jugak untung2an ada yang jual kalo gak ada ya gak pulkamp tapi ...sekarang paling bingung gimana baliknya neh ?? nah loh ???? dulu yang dipikirin mudik mulu, sekarang kelabakan lagi deh nyarik tiket bwat balik huhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh ... !!!!!!!capek dah .... !!! tiket dari malang ABIZZ tiket dari surabaya ABIZZ tiket dari jombang ABIZZ jadi deh aku naek matarmaja ... gak tau deh ntar ramenya kayak gimana dapet tempat duduk aja belom tauk susah bangget deh jauh dari rumah, mo mudik bingung mo balik bingung ntar aku gak mau lagi deh jauh2 dari rumah gak akan !!!! berangkat dari rumah jam 1an tiketnya dah beli pas paginya hiks ... aku akan berpisah lagi dengan rumahku ...kamarku ...papiku ...nenekku ...mas bomberku ...mbak iterku ...adek amikku ...adek teguhku ...adek nuvoku ...n kelinciku tayankmy shidoo ... (diambil dari bahasa jepang neh) hiks ...i will miss u all ... pas aku molai naek kereta ternyata matarmaja sepi euy !!! banyak

Akademi Keluarga

Bismillaah.. niat mulai rutin menulis :) Niat berbagi ilmu yang masih sedikit ini. Dengan harapan semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan :)